Mandi di Pemandian Alam Cipanas Cileungsing

Tentu sudah tak disangsikan lagi bahwa kawasan Jawa Barat banyak memiliki gunung api dan juga tentunya air panas. Kondisi alam yang seperti ini tentu saja banyak memberikan keuntungan karena potensial untuk digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik maupun tempat wisata alam dan menyembuhkan penyakit kulit. Wisata alam Cipanas Cileungsing adalah salah satunya. Kawasan wisata ini berada di wilayah administratif Kabupaten Sumedang.

Air panas ini sering disebut juga dengan Cipanas Cileungsing Buahdua. Cipanas Cileungsing ini berada di kaki Gunung Tampomas yang berada di sebelah utara Kota Sumedang. Di daerah ini banyak sekali muncul air panas, setidaknya ada sekitar 10 buah. Namun demikian, yang letaknya di pinggir jalan (mudah diakses) hanya ada dua yakni Air Panas Cileungsing dan Cipanas Conggeang.

Beda dengan pada umumnya pemandian air panas, Cipanas Cileungsing debit airnya +/-50 liter perdetik dan rasanya panas sekali. Panasnya asli bukan panas buatan dan terbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk mengobati sakit kulit dan reumatik. Sehingga Anda yang memiliki penyakit kulit semacam rheumatik, gatal-gatal, kudis, maupun kurap bisa datang ke air panas ini untuk disembuhkan secara alami dan berbiaya murah—hanya biaya daftar dan ongkos saja.

Fasilitas yang ada adalah pemandian umum air panas, mandi di dalam ruangan/kamar, sewa kamar/rumah untuk pengobatan, kolam renang, cafe, tempat bermain, tempat parkir yang luas. Cipanas Cileungsing ini paling ramai dikunjungi pada hari-hari libur dan paling ramai lagi adalah pada Hari Raya Idul Fitri (lebaran). Bila Anda datang pada hari lebaran tengoklah ribuan wisata datang dari berbagai kota dan yang paling banyak mengunjungi adalah dari Karawang, Subang, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Cirebon maka tak heran hiburan yang ditampilkan pada hari lebaran tersebut adalah musik Tarling.

Lokasi

Pemandian Alam Cipanas Cileungsing letaknya tak begitu jauh dari Cipanas Sekarwangi yakni berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang – Jawa Barat. Jaraknya sekitar 15 km saja dari Kota Sumedang.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • wisata cipanas bandung
  • cipanas conggeang
  • pemandian air panas sumedang
  • cipanas sekarwangi sumedang
  • wisata cipanas
  • wisata air panas sumedang
  • penginapan di wiasata cipanas conggeang sumedang
  • penginapan cipanas conggeang sumedang
  • penginapan cipanas cileungsing sumedang
  • pemandian cipanas cileungsing

Tempat Wisata , , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry