Mengenal Benda-benda Pos di Museum Pos Indonesia

Berminat mengajak anak-anak dan keluarga Anda yang lain untuk berkunjung ke lokasi wisata sekaligus arena belajar? Jika iya, maka ada baiknya Anda mengunjungi Museum Pos Indonesia di Bandung yang berlokasi tak jauh dari Gedung Sate. Keberadaan Museum Pos ini sendiri tak lepas dari perjalanan sejarah Perusahaan Pos di Indonesia. Dimana museum ini telah hadir sejak zaman Hinda Belanda, atau tepatnya pada tahun 1933 yang ketika itu namanya Pos Telegraf dan Telepon.

Bangunan museum ini dibangun pada 27 Juli 1920 dan luasnya mencapai 706 meter persegi dengan diarsiteki oleh Ir. J . Berger dan Leutdsgebouwdienst dengan mengambil corak dan arsitektur Italia masa renaisans. Didalam museum itu sendiri banyak disimpam aneka ragam perangko dari seluruh nusantara dan dari berbagai negara. Meletusnya Perang Dunia II pada akhir tahun 1941, pendudukan Jepang, dan pergerakan revolusi menyebabkan Museum PTT tidak terperhatikan; bahkan keberadaannya pun nyaris terlupakan.

Koleksi Sejumlah Benda

Tahun 1980 Direksi Perum Pos dan Giro membentuk sebuah kepanitiaan yang berfungsi untuk menghidupkan kembali eksistensi museum PTT. Sehingga bertepatan dengan hari bakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) yang ke-38 maka pada tanggal 27 September 1983, museum ini kembali dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Telekomunikasi kala itu, Achmad Tahir dan diberi nama baru menjadi Museum pos dan Giro.

Sejarah panjang membentang membuat museum ini banyak mengalami pasang surut sejarah. Sebagai salah satu Unit Pelaksana Perum dan pos Giro museum ini banyak mengoleksi berbagai benda yang sarat akan nilai kesejarahan dari masa penjajahan Hindia Belanda, masa Kemerdekaan hingga kini seperti maket, fhoto, katalog, lukisan serta berbagai peralatan pos lainnya.

Sejalan dengan perjalanan dan perkembangan perusahaan pos, terhitung tanggal 20 Juni 1995 nama dan status perusahaan berubah dari Perusahaan Umum Pos dan Giro menjadi PT. Pos Indonesia (persero), maka nama Museum Pos dan Giro pun berubah menjadi Museum Pos Indonesia. Peran dan fungsi yang dijalankan oleh Museum Pos Indonesia selanjutnya adalah disamping sebagai tempat koleksi, juga mencakup fungsi sarana penelitian, pendidikan, dokumentasi, layanan informasi, serta sebagai objek wisata khusus.

Lokasi

Museum Pos dan giro ini terletak di Jl. Cilaki No 73, Bandung Jawa Barat 40115.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • benda pos
  • benda-benda pos
  • benda benda pos
  • museum pos indonesia bandung
  • museum pos bandung
  • museum pos indonesia
  • museum pos indonesia – jl cisanggarung
  • benda pos indonesia
  • museum pos di bandung
  • sejarah museum pos indonesia

Tempat Wisata , , ,

Related Listing

Trackbacks For This Post

  1. […] Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung. […]

1 Review

  1. Obyek/ Tempat Wisata di Bandung | Wisata Bandung, 3 years ago

    […] Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung. […]

       -  

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry